Makanan Khas Irian Jaya

           Makanan Khas Irian Jaya atau Papua ini sebenarnya banyak macamnya.  Bahan dasarnya adalah hasil bercocok tanam dari masyarakat setempat.  Tanaman tersebut antara lain Ubi jalar atau yang biasa disebut petatas, keladi dan sagu. 
Tanaman ini bisa tumbuh dan berkembang dengan baik di tanah Papua.  Pohon sagu hanya tumbuh di daerah Papua dan Maluku saja.  Jadi, kalau Anda ingin mencicipi sagu dan melihat langsung cara pemrosesannya, datanglah ke Papua.
Selain tanaman khas Papua yang bisa diolah menjadi penganan yang lezat, Papua juga terkenal karena wisata danau dan lautnya.  Keindahan alam laut, baik pantai maupun pemndangan di dasar laut menjadi obyek wisata yang menarik. 
Hasil tangkapan dari laut inilah yang menambah daftar makanan khas Irian Jaya atau Papua ini.  Apalagi kalau bukan seperti ikan bakar, ikan asap dan lainnya.

Resep/ Menu Masakan Khas Irian Jaya

Nah, dari bahan-bahan tadi biasanya diolah menjadi makanan yang enak dan bergizi tinggi lho!  Yuk, kita intip makanan berikut:

  • Papeda

    Papeda ini adalah makanan yang terbuat dari tepung sagu. Dari pohon sagu kemudian diambil serat di dalam batang pohon.  Nah, serat itulah yang kemudian digiling menjadi tepung sagu (ampasnya). 

    Cara memasak papeda ini sangat mudah yaitu  tepung sagu dicampur dengan air yang panas kemudian diaduk-aduk sampai mengental/keras. 

    Fungsi papeda ini sebenarnya sebagai pengganti nasi.  Jadi makan papeda bersama lauk atau sayur lainnya yang biasanya dibuat berkuah seperti ikan dimasak kuah kuning dan sayur kangkung.  Hmm, sedap…
  • Kue sagu dan Bagea

    Bahan dasar pembuatan kue ini memang dari tepung sagu.   Kue sagu ini agak keras saat digigit tapi kalau sudah di dalam mulut atau dicelupkan ke dalam air akan cepat lunak/lembek.  Kue sagu yang berbentuk kotak besar biasanya adalah sagu kering yang di panggang sampai kering. 

    Biasanya kue sagu ini diisi juga dalamnya dengan gula merah/gula aren, tapi bisa juga polos tanpa isi dan dimakan bersama ikan yang dimasak kuah.
  • Ikan bakar/ikan asap

    Kalau yang satu ini tentunya tidak asing lagi.  Hasil laut yang segar dan langsung dari laut menambah cita rasa makanan khas Irian Jaya ini.  Ikan asap biasanya dari ikan tenggiri maupun ikan tongkol yang dibakar dengan cara di asap saja (tidak langsung diatas api). 

    Bakarnya lebih lama, ikan matang dan kering tapi tidak gosong.  Makannya ditemani oleh sambal mentah atau dibuat dalam kuah santan yang pedas.

Leave a Reply